Jumat, 16 November 2012

Roling Release

Roling Release (Rilis Bergulir) di dunia Llinux ada sebagian Distro Linux yang menggunakan Roling Release. Jika sebuah Distro Linux Roling Relase maka pengguna distro tersebut dapat menginstall OS melalui file iso yang dirilis pada tahun berapa pun, kemudian tinggal mengupdate/upgrade paket - paketnya maka Distronya akan memiliki paket2 terbaru dan brubah menjadi Distro Versi terbaru. Dengan menggunakan Distro Roling Release ini user dimudahkan karena tidak perlu melakukan upgrade dengan mendownload seluruh paket, yang perlu Anda lakukan adalah mengupdate/mengupdate paket-paketnya secara rutin maka OS di komputer Anda sudah memiliki aplikasi2 termutakhir.

Kesimpulan: Jika Anda menggunakan Distro Roling Release, untuk memperbarui Distro tersebut Anda tidak perlu Mendowload Distro Tersebut dalam Versi terbaru kemudian manginstallnya, melainkan Anda cukup mengupdate/mengupgrade system Distro anda scara rutin (boleh tiap hari, tiap minggu dll) maka distro Anda otomatis akan menjadi yang terbaru. 

Catatan: semakin lama jangka Anda mengupdate/mengupgrade maka akan semakin lama waktu yang di butuhkan dalam update/upgrade karna sudah banyak paket - paket terbaru yang harus di download

Beberapa Distro Rolin Release diantaranya adalah Arch linux PCLinuxOS dan  OpenSuse

Demikian Semoga Bermanfaat

By, Patmin Puja Kesuma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar