Kamis, 01 November 2012

Cara Mengatasi Blank Screen Pada PCLinuxOS KDE 2012.08

Senang mendengar Release PCLinuxOS 2012.08 langsung saja saya menuju http://www.pclinuxos.com/ kemudian melakuan download KDE Full Version (pclinuxos-kde-2012.08.iso). PCLinuxOS 2012.08 ini telah menggunakan Kernel 3.2.18-pclos2.bfs for maximum desktop performance.Full KDE 4.8.3 Desktop.

Sebelumya saya menggunakan PCLinuxOS 2012.02 dengan kernel 2.6 dan KDE 4.6 kemudian kernel saya upgrade ke kernel 3.2.13 tapi hasil tidak memuaskan, malah terjadi Blank Screen setiap kali restart/shutdown. Solusinya setiap kali ingin menghidupkan laptop adalah dengan melepas battere Laptop dulu beberapa detik kemudian pasang lagi baru nyalakan laptop, dengan cara itu laptop baru mau booting, Karna saya mengira salah dalam meng-kompile kernel maka saya kembali pake kernel 2.6 sambil menunggu release PCLinuxOS dengan harapan sudah menggunakan kernel terbaru juga KDE terbaru

Setelah selesai download langsung saya extract ke Flasdisk menggunakan Unetbootin kemudian lakukan instalasi hingga selesai tapi apa yang terjadi setelah instalasi?? hasil nya sama seperti cerita saya waktu men-kompile kernel diatas. Laptop saya ACER ASPIRE 4741, Core i5, Memory 2GB tidak mau booting (blank screen) terpaksa pencet dan tahan tombol power untuk mematikan laptop kemudian melepas battre kemudian pasang kembali dan tekan tombol power nya baru laptop saya mau booting kemudian saya teruskan instalasinya, setting waktu, membuat password dan akun user dan selesai deh instalasinya. Kemudian saya login sebagai root, saya lakukan setting resolusi VGA dan lain - lain, kemudian saya restert laptop ane, ternyata masih tetap sama aja yakni terjadi Blank Screen, atas dasar itu kemudian saya menggunakan PCLinuxOS 2012.02 sambil nyari nyari solusi udah beberapa trik saya coba blum berhasil sampe akhirnya berhasil juga. Ada dua Cara Mengatasi Blank Screen Pada PCLinuxOS 2012.08

Cara Pertama
1. Buka Comfigure Your Computer
2. Klik Boot
3. Klik set up boot system
4. Klik Next
5. Pilih boot yang akan di edit
6. Kemudian Klik Modify
7. Tambahkan noapic nolapic pada  kolom Append. Perhatikan Gambar

Cara kedua
1. Edit File /boot/grub/menu.lst. Perhatikan Gambar

2. Tambahkan noapic nolapic pada baris title linux

Dengan Cara itu maka sekarang saya menggunakan PCLinuxOS 2012.08 dengan nyaman, mau restart/shutdown barapa kali juga tidak mengalami Blank Screen lagi,,,

Demikian semoga baermanfaat
By, Patmin Puja Kesuma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar