Kamis, 21 Juni 2012

Cara Me-rename File dan Folder



Cara Me-rename File dan Folder melalui Konsole adalah dengan megngunakan perintah 'mv'.  Perintah mv ini selain untuk memindah kan file dan folder ternyata bisa digunakan untuk me-rename sebuah file atau direktori

Cara Me-rename File dan Folder adalah sebagai berikut
Disini saya contohkan me-rename sebuah file dengan nama mmc3.png yang berada di folder Pictures dan akan saya rename menjadi mmc4.png pada direktori yang sama. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka Konsole ketik mv /home/patmin/Pictures/mmc3.png /home/patmin/Pictures/mmc4.png <enter>. Tulisan warna hijau adalah file yang akan dirubah namanya, tulisan warna biru adalah nama baru
  • Amati apakah nenek.jpg sudah masuk di Documents dengan perintah ls /home/patmin/Pictures


Cara me-rename sebuah file dan sekaligus memindahkan ke folder lain adalah sebagai berikut:
Disini saya contohkan me-rename sebuah file dengan nama mmc3.png yang berada di folder Pictures dan akan saya rename menjadi mmc4.png dan sekaligus akan saya pindahkan ke pada direktori Documents. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka Konsole ketik mv /home/patmin/Pictures/mmc3.png /home/patmin/Documents/mmc4.png <enter>. Tulisan warna hijau adalah file yang akan dirubah namanya, tulisan warna biru adalah nama baru yang sudah berada di folder Documents
  • Amati apakah nenek.jpg sudah masuk di Documents dengan perintah ls /home/patmin/Documents


Demikian semoga Bermanfaat

By, Patmin Puja Kesuma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar